Pertama kali backpackeran ke Jogja, apa aja yang perlu disiapin ??? + Tips (Part 1)

Well hellow people yang ada di bumi maupun yang ada di planet namex, so hari ini gue mau cerita - cerita tentang pengalaman gue yang pergi keluar kota untuk pertama kalinya SENDIRI :' oke fix ini lebay, tapi biasanya kalo pergi ke kota seberang (read: pucak bogor dan bandung) gue emang bareng keluarga atau temen tapi pada liburan liburan semester ini gue beranikan diri buat ijin ke ortu mau jalan - jalan seminggu ke Yogyakarta ~ uhuyyy :3 menuju tempat temen yang ada di Bantul sana yang bersedia nemenin jalan - jalan menikmati kota jogja yang penuh drama rama mamama heyy *plak malah jadi nyanyi :'D di awal perjalananya soo lets start it.

Jadi hal pertama yang harus dilakuin yaitu kumpulin uangnya hahaha ya iyalah terus packing barang - barang yang sekiranya kita perluin pas disana kaya baju, obat, tas dan perintilan lainnya dan yang paling penting tentuin tanggal kita mau perginya, tapi saran gue kalo mau pilih tanggal itu diusahain pas yang bener - bener kosong yang udah gak ada gangguan. waktu itu gue terlalu buru - buru, karena pas uas hari terakhir (jum'at) gue beli tiket kereta dengan keberangkatan untuk hari minggu. Dan yaa kita sebagai manusia gak bisa memprediksi apapun, waktu uas terakhir itu terjadi gempa di daerah banten yang getarannya sampe ke jakarta yang membuat uas itu dibatalin demi keselamatan anak - anak. Agak ngeri sih karena keadaan di lantai 5 dan lantai geter - geter gitu. skippp ~ singkat cerita akhirnya uas diundur jadi hari senin nya, panik dong mana tiket udah dibeli dan harus nyesuain waktu sampainya, akhirnya setelah dipikir - pikir gue putusin naek kereta malam jug ijag ijug ijag ijug hei hei hei kereta berangkat :'v di malam setelah uas, btw gue kuliah malem jadi uasnya juga malam hari hihihi. untuk proses perubahan jadwal kereta, pengembalian dana, dan pembatalan bakal gue bahas di thread yang lebih lengkap :3.

Yang keduaaaa *jangan pake nada ya bacanya, beli TIKET. Bisa secara konvensional lewat stasiun terdekat ataupun lewat OTA alias Online Travel Agent (traveloka, pegi - pegi dsb) dan juga pihak KAI sendiri punya aplikasi pembelian tiket yaitu KAI Access. Karena gue orang yang suka explore jadi gue cobain dah satu - satu hahaha. Tips lagi nih ya guyss untuk memilih kereta bagi orang yang pertama kali mau ke suatu kota, saya saranin untuk cek dulu di OTA nama kereta nya dan jadwal keberangkatan mana yang cocok sama kemauan kalian dan tentunya harga yang pas di kantong :3 untuk yang pertama batal pergi itu gue beli tiket kereta Gaya Baru Malam Selatan yang legend banget karena murah dan cepet habis. iyalah wakk harganya 98rb aja dari stasiun pasar senen ke stasiun lempuyangan dengan keberangkatan 10.15 pagi beli di stasiun pasar senen langsung yang ngantrinya bisa menguji kesabaran. Dan sebagai penggantinya gue pilih kereta Progo dengan tujuan stasiun lempuyangan yang berangkat jam 22.20 yang beli di traveloka.

Hari itupun tiba, Uas dimulai dari jam 7 malem sampai jam 9. Menit demi menit gue nanti sambil ngerjain soal - soal, rasanya deg degan campur gugup karena kalian tau lah gue gak punya waktu banyak sampe jam 10 nanti, super excited (>.<) jam menunjukan pukul 20.30 cacing - cacing diperut ini meminta dikasih makan gue pun langsung meluncur ke Mcd tebet buat mamam dulu sama temen gue sambil ngomongin kamera polaroid yang bakal gue bawa. Habis itu gue langsung pulang buat ambil barang - barang dan langsung ke stasiun pasar senen. sampe sana 20 menit sebelum kereta dateng gue langsung menuju antrean buat boarding dengan membawa ktp dan tiket yang 2 hari sebelum udah di print. Ntah kenapa ya kalo di pasar senen itu kita bisa langsung boarding padahal waktu dulu gue di stasiun gambir tuh ada waktunya kaya beberapa menit sebelum kereta dateng, gue pun ikut antrean bareng orang - orang yang membludak sampai konter yang buat kereta A bisa buat boarding kereta lainnya dan gue pun memanfaatkan timing itu buat antre di konter kereta A tsb. Pas sampe dalem gue langsung kepo sana sini tanya kereta progo di jalur mana, takutnya di seberang kan yang harus naek turun tangga dulu :" dan alhamdulillah nya di jalur 1.

Kereta yang ditunggu pun dateng, bermodalkan bahasa jawa yang sedikit - sedikit gue paham gue pun samperin bapak - bapak yang teriak gerbong telu ke orang - orang dan bener aja itu gerbong 3 ekonomi sesuai dengan tulisan yang ada di gerbong itu. begitu naik gue langsung menuju bangku yang telah gue pesen deket jendela dengan konfigurasi 3 seat, pengen yang dua seat aja tadinya tapi karna pesen di last minute akhirnya dapet yang 3 seat. Begitu duduk belom ada tanda - tanda kemunculan siapa yang sebangku ama gue dan akhirnya buru - buru rapihin barang ke atas penyimpanan biar gak menganggu. gak lama ada satu keluarga dengan 2 anaknya yang udah gede duduk sebangku dengan gue dan karena gue udah capek banget akhirnya gue mencoba diem dulu, gak lama ada anak kuliahan cowo yang duduk di hadapan gue pas lah 6 orang dewasa duduk disatu tempat. jangan tanya gimana rasanya :" dengkul ketemu dengkul kaya naek angkot.. untuk kelanjutan ceritanya gue bakal lanjutin di part 2 ya guyss karena udah kepanjangan disini hhe

maaf untuk bukti gambarnya gak sempet foto karena udah kecapekan tapi di postingan selanjutnya bakal ada kooo :3 ditunggu yaw